IMF-World Bank 2018

RI Gandeng Pengacara Asing Awasi Investor Luar Negeri

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 10 Oct 2018 13:46 WIB
infrastrukturIMF-World Bank
RI Gandeng Pengacara Asing Awasi Investor Luar Negeri
Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Nusa Dua: Pemerintah menggandeng pengacara internasional setiap kali melakukan kerja sama dengan investor luar negeri. Hal ini untuk meminimalisir dan memecahkan perselisihan (dispute) yang bisa terjadi sewaktu-waktu dengan investor asing tersebut.

"Kita pada dasarnya bersama-sama ya dalam memasuki partnership ini, kita bersama-sama menggunakan pengacara internasional tentunya," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Nusa Dua, Bali, Selasa, 9 Oktober 2018.

Rini menjelaskan jika terjadi perselisihan dengan para investor, pemerintah melalui pengacara asing ini akan berusaha menyelesaikannya di Indonesia.

Pemerintah saat ini sedang massif membangun infrastruktur nasional. Dalam membangun infrastruktur itu, pemerintah menggandeng investor swasta karena mengingat dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbatas.

"(Pengacara internasional) Itu yang untuk bersama-sama menentukan dispute-nya diselesaikan di mana. Kita pada dasarnya hampir selalu memperjuangkan untuk dapat diselesaikan di pengadilan Indonesia. Karena itu yang kita utamakan dalam bekerja dengan Indonesia," jelas dia.

Pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018 kali ini pemerintah dan perusahaan BUMN menawarkan sejumlah proyek infrastruktur yang tengah digarap di Indonesia kepada delegasi dan peserta IMF-WB.

Pemerintah Indonesia menawarkan 78 proyek dengan total investasi mencapai USD42,1 miliar. Proyek-proyek tersebut meliputi 12 sektor yakni energi, minyak dan gas, manufaktur, telekomunikasi, konstruksi dan infrastruktur, transportasi, seaport, airport, pertahanan, real estate dan properti, hotel dan tourism, serta capital market.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA