Sri Mulyani Yakinkan Investor untuk Datang ke Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Senin, 14 May 2018 19:29 WIB
investor
Sri Mulyani Yakinkan Investor untuk Datang ke Indonesia
Menkeu Sri Mulyani. (MI/Permana).

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan investor dan pelaku usaha bahwa Indonesia tetap aman sebagai negara tujuan investasi. Hal itu menyusul serangkaian peristiwa ledakan bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur pada beberapa hari terakhir.

"Dalam hal ini negara harus disampaikan aman," kata Ani sapaannya ditemui di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

Menurutnya aksi teror tak akan berdampak besar terhadap perekonomian nasional. Pasalnya, Indonesia sudah berpengalaman dalam menangani radikalisme serta terorisme.

Di samping itu, aparat keamanan telah meningkatkan keamanan menjelang gelaran Pilkada serentak, Asian Games 2018, serta pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Oktober 2018.

"Indonesia secara reputasi memiliki kemampuan untuk mengadress atau menangani tantangan radikalisme dan terorisme ini," ungkap Ani.

Ani menambahkan pondasi dan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terjaga jika dilihat dari sisi fiskal dan moneter.

Ekonomi masyarakat lanjutnya juga mulai meningkat sehingga persepsi positif dan kepercayaan investor terhadap Indonesia harus dipertahankan.

"Tentu kita berkepentingan untuk tidak membiarkan suatu teror itu kemudian menghilangkan kepercayaan dan persepsi positif pada ekonomi kita," tuturnya.

Adapun serangkaian peristiwa ledakam bom dimulai dari kerusuhan yang terjadi di Rutan Mako Brimob. Kerusahan ini menimbulkan korban jiwa dari pihak kepolisian dan narapidana.

Tak lama berselang, bom meledak di tiga gereja Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018 hingga menimbulkan 11 korban jiwa dan 44 orang luka-luka. Peristiwa ini kemudian berlanjut dengan ledakan bom di pintu masuk Polrestabes Sidoarjo, Jawa Timur pada Senin pagi 14 Mei 2018.

 


(SAW)