Tiga Trik Kelola Keuangan secara Tepat

   •    Rabu, 11 Apr 2018 07:08 WIB
tips keuangan
Tiga Trik Kelola Keuangan secara Tepat
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Rakhmat Riyandi).

MENGELOLA keuangan dalam bisnis menjadi salah satu "syarat" untuk menjalani usaha. Membutuhkan modal yang tidak sedikit di awal membuka usaha.

Pengaturan keuangan yang baik tentunya dapat membantu usaha Anda meraup untung besar. Namun ternyata masih banyak sekali pengusaha yang belum mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik untuk usaha yang dijalankannya.

Berikut ini ada beberapa cara mengelola keuangan usaha yang bijak yang dapat dipelajari untuk mengatur keuangan bisnis.

Ketahui apa saja pengeluaran dalam usaha.
Kebutuhan usaha pasti ada pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk modal setiap saat. Maka dari itu mulailah mengetahui pengeluaran daan pemasukan dalam sebuah usaha. Dalam sebuah bisnis, tentunya banyak sekali pengeluaran-pengeluaran yang ditemui nantinya.

Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda harus mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi kebutuhan serta keinginan bisnis Anda. Dengan mengetahui pengeluaran dalam usaha Anda akan tearah dalam menjalani karena sudah diatur sebaik mungkin.

Pisahkan uang pribadi dan uang usaha.
Hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan memisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis. Cara ini penting dilakukan agar uang Anda terpakai sebagaimana tujuannya. Banyak sekali pengusaha yang tidak bisa memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Yang mengakibatkan keuntungan tidak terlihat.

Anda bisa mengatasinya dengan membuat dua rekening yang ditujukan untuk usaha dan pribadi. Dengan memisahkan uang pribadi dan uang usaha, tentunya Anda lebih dapat mengukur perkembangan bisnis yang dijalankan dan bisa tahu bisnis berkembang atau tidaknya.

Ingat lakukan investasi atau menabung.
Investasi dan menabung tentunya perlu mulai dipikirkan untuk Anda pembisnis usaha. Namun tentunya hal ini dapat dilakukan ketika semua kebutuhan penting telah tercukupi. Anda bisa menyisihkan dari beberapa bagian keuntungan untuk digunakan investasi atau tabungan yang nantinya dapat membantu perkembangan bisnis usaha yang dijalankan.

Dengan mengelola keuangan yang bijak untuk kelancaran bisnis usaha yang di jalani. Jadi mulailah menabung dari keuntungan usaha yang Anda dapatkan. Setiap bisnis yang dijalankan kuncinya itu Anda harus mampu mengelola keuangan dengan bijak. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat tentunya akan membuat roda bisnis terus berputar sehingga keuntungan yang didapatkan akan maksimal agar bisnis berkembang.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.


(AHL)