BPS Catat Indeks Tendensi Bisnis Tumbuh Tinggi di Kuartal II-2018

Eko Nordiansyah    •    Senin, 06 Aug 2018 15:25 WIB
bps
BPS Catat Indeks Tendensi Bisnis Tumbuh Tinggi di Kuartal II-2018
Kepala BPS Suhariyanto.MI/ADAM DWI.

Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Tendensi Bisnis (ITB) kuartal II-2018 menunjukkan kondisi bisnis secara umum terus tumbuh dengan optimisme pelaku bisnis lebih tinggi. ITB meningkat dari 106,28 pada kuartal I-2018 menjadi sebesar 112,82 di kuartal II-2018.

"Optimisme pelaku bisnis terjadi pada seluruh kategori lapangan usaha," kata Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 6 Agustus 2018.

Membaiknya kondisi bisnis dan optimisme pelaku bisnis di kuartal II-2018 disebabkan oleh meningkatnya komponen pendapatan usaha dengan nilai indeks 122,98 serta penggunaan kapasitas produksi atau usaha dengan nilai indeks sebesar 114,60.

Sementara itu, kondisi bisnis dan optimisme pelaku bisnis tertinggi terjadi pada kategori lapangan usaha pengadaan listrik dan gas dengan nilai ITB 126,77. Sedangkan peningkatan terendah terjadi pada kategori lapangan usaha real estat dengan nilai ITB 101,96.

"Kondisi bisnis pada kuartal III-2018 diperkirakan meningkat dengan optimisme pelaku bisnis yang lebih rendah dibandingkan dengan kuartal II-2018. Hal ini tercermin dari angka perkiraan ITB sebesar 106,05," jelas dia.

Dirinya menambahkan peningkatan kondisi bisnis tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha jasa keuangan dan asuransi. Sementara kondisi bisnis dengan peningkatan terendah diperkirakan akan terjadi pada kategori lapangan usaha pertambangan dan penggalian.

"Peningkatan order dari dalam negeri tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori jasa keuangan dan asuransi. Peningkatan harga jual produk tertinggi pada konstruksi, dan peningkatan order barang input tertinggi pada kategori pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang," pungkasnya

 


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA