Kehadiran KPPU Ciptakan Iklim Usaha Sehat

   •    Rabu, 11 Jul 2018 10:18 WIB
kementerian perdagangankppu
Kehadiran KPPU Ciptakan Iklim Usaha Sehat
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan kehadiran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai lembaga independen diperlukan untuk menciptakan iklim usaha sehat di dalam negeri.

Ia menyatakan hal itu setelah bertemu dengan pihak KPPU dalam pembahasan RUU Persaingan Usaha yang akan menggantikan UU Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat.

"Kami memerlukan KPPU sebagai lembaga independen yang bertanggung jawab kepada presiden. Dalam berbagai langkah, kami selalu meminta rekomendasi KPPU, apakah itu melanggar ketentuan atau tidak," kata dia di Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018, seperti dikutip dari Antara.

Amendemen UU No 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha tidak Sehat diperlukan untuk memperkuat peranan KPPU. Dalam pembahasan RUU itu, KPPU tidak masuk tim perancangan. Meski begitu, masukan dari KPPU diperlukan pemerintah.

Beberapa hal yang menjadi catatan dalam perubahan itu antara lain definisi pelaku usaha, merger perusahaan, status kelembagaan KPPU, dan kewenangan KPPU. "Kami butuh masukan dari KPPU sebab setelah diundangkan, yang melaksanakan amanat UU itu ialah KPPU." (Media Indonesia)

 


(AHL)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

3 hours Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA