Pelaku Fintech Harus Bersabar Menantikan Aturan dari BI

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 04 Sep 2017 08:02 WIB
ojkfintech
Pelaku <i>Fintech</i> Harus Bersabar Menantikan Aturan dari BI
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) berencana akan menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait financial technology (fintech). PBI itu rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun ini.

Adanya wacana tersebut membuat para pelaku fintech tengah menantinya. Ketika ditanya mengenai perkembangan pembahasan terkininya, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara meminta kepada seluruh pihak untuk bersabar.

"Fintech? Sabar," ujar Mirza secara singkat, ketika ditemui di Museum BI, Jakarta, Minggu malam 3 September 2017.

Mirza menjelaskan PBI terkait fintech ini sifatnya akan terus berkembang sebagaimana mengikuti perkembangan fintech itu sendiri. Setelah itu, PBI fintech akan disusul dengan peraturan anggota Dewan Gubernur terkait regulatory sandbox.

"Regulatory sandbox itu adalah untuk tempat di mana regulator melakukan assesment terhadap perusahaan fintech. Nanti dilihat perkembangannya bagaimana dan harus diatur seperti apa. Sabar saja," jelasnya.

Peran digital ekonomi terus berkembang pesat. PBI fintech nantinya akan fokus mengatur keamanan konsumen dan regulatory sandbox yang merupakan lingkungan aman bagi pelaku bisnis fintech untuk melakukan pengujian terhadap produk atau model bisnis yang inovatif.

 


(ABD)