Kemenperin Segera Terbitkan Aturan Produksi Kendaraan Ramah Lingkungan

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:56 WIB
kendaraan ramah lingkungan
Kemenperin Segera Terbitkan Aturan Produksi Kendaraan Ramah Lingkungan
Ilustrasi mobil hibrida keluaran Honda. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan regulasi yang mengatur produksi kendaraan ramah lingkungan. Rencananya aturan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) akan segera diterbitkan tahun ini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya akan membahas aturan ini dengan kementerian dan lembaga lain. Pasalnya tidak hanya mengatur mengenai produksi kendaraan ramah lingkungan tetapi aturan ini juga akan memberi insentif bagi pelaku usaha.

"Banyak kementerian yang kita libatkan di sini, tetapi untuk diterbitkannya kami usahakan dalam waktu dekat," kata dia usai pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis 10 Agustus 2017.

Dengan adanya aturan ini maka produsen mobil memiliki kesempatan mengembangkan produk electric vehicle (EV) dan hybrid (hibrida). Sayangnya Airlangga menilai jika pengembangan mobil hibrida akan lebih banyak dibandingkan mobil listrik.

"Karena (hibrida) tidak membutuhkan tambahan infrastruktur, dan menurut saya juga seperti itu, jadi nanti yang paling banyak mungkin ke arah itu. Kalau mobil listrik masih perlu infrasturkur seperti tempat pengisian, sampai pengelolaan limbah baterai yang sudah usang," jelas dia.

Selain itu pengembangan mobil hibrida akan lebih mudah secara investasi perusahaan. Namun begitu dirinya memastikan jika setiap pengembang mobil ramah lingkungan akan diberikan insentif tergantung skema yang dipilihnya.

"Tergantung merek itu akan memilih skema yang mana. Kita siapkan berbagai skema, seperti CBU (completely built up), IKD (incompletely knocked down), atau CKD (completely knocked down)," pungkas dia.

 


(AHL)