Pemerintah Klaim Penurunan Harga Sejumlah Bahan Pokok

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Jun 2017 14:18 WIB
bahan pokok
Pemerintah Klaim Penurunan Harga Sejumlah Bahan Pokok
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memastikan melalui Kementerian Perdagangan harga sejumlah bahan pokok selama bulan Ramadan ini cenderung stabil dan terkendali. Bahkan terjadi penurunan untuk harga beberapa komoditas sehingga mengalami deflasi.

"Hasil rapatnya bicara soal TPID, penguayan lembaga. Laporan kondisi Alhamdulillah deflasi," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2017.

Enggar menjelaskan sejak awal pekan ini telah terjadi penurunan untuk harga telur ayam dan daging ayam. Sayangnya dia mengeluhkan penurunan harga ayam yang terlalu tajam sehingga membuat para peternak ayam mengalami kerugian.

"Ini pun ada kenaikan sedikit dua hari yang lalu tajam sekali. Kasian saya itu stresnya bagaimana ini harga tidak turun terlalu tajam. Demikian juga dengan bawang merah agar tidak turun terlalu tajam," jelas dia.

Meski begitu, Enggar belum memastikan penurunan harga sejumlah bahan pokok itu akan menyebabkan deflasi untuk keseluruhan bulan Juli. "Saya belum berani bilang, tapi per hari ini harga banyak yang turun, stabil cenderug turun itu yang terjadi," lanjut Enggar.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumajakti memastikan pasokan sejumlah bahan pokok yang disediakan Bulog aman. Untuk itu, dirinya percaya jika tidak akan terjadi lonjakan harga pada bulan ini terlebih menjelang momen Hari Raya Idul Fitri.

"Secara umum stabil tetapi ada beberapa komoditi turun. Sampai akhir Juni, Insya Allah (harga bahan pokok) turun. Dari awal tahun sampai dengan saat ini, ada beberapa barang yang deflasi," kata dia.


(AHL)