Komisi IV DPR RI Minta Penyaluran Rastra Dilanjutkan

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:37 WIB
berita dpr
Komisi IV DPR RI Minta Penyaluran Rastra Dilanjutkan
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron. Foto: MI/ Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi IV DPR RI meminta pemerintah untuk tetap melanjutkan program beras sejahtera (Rastra) hingga Desember 2017. Pasalnya, infrastruktur penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) belum memadai.

"Jika rakyat tidak akan menerima Rastra apakah bisa diganti oleh BPNT?" kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron di Gedung Kura-Kura Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Padahal, kata politikus Demokrat itu, keberadaan saat ini BPNT harus dievaluasi. Sebab, serapan BPNT masih cukup rendah dan penyalurannya juga masih belum efektif. "Nah, kalau seluruhnya dihentikan, rastra tidak jalan, BNPT tidak optimal. Terus yang rugi siapa? Rakyat," tegas dia.

Selain itu, penghentian Rastra juga akan berdampak pada kualitas beras. Herman menjelaksan bahwa jika beras terlalu lama di dalam gudang karena tidak disalurkan maka akan berpotensi mengalami kerusakan. 

"Kalau rusak, bulognya juga akan rugi. Padahal Bulog sebagai Perum sangat patuh pada UU BUMN, yang hatus untung tidak boleh rugi. Kalau kemudian ada kerugian yang disengaja kan terkena persoalan," sebut dia.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk meninjau kembali kebijakan tersebut. Dia tak ingin sebuah kebijakan baru yang diterapkan oleh pemerintah berdampak tidak baik kepada masyarakat luas.  


(ROS)