KUR Mandiri akan Diarahkan ke Kelompok Masyarakat Bawah

Gabriela Jessica Restiana Sihite    •    Rabu, 30 Nov 2016 06:57 WIB
bank mandiri
KUR Mandiri akan Diarahkan ke Kelompok Masyarakat Bawah
lustrasi Bank Mandiri. MI/ANGGA YUNIAR.

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Retail PT Bank Mandiri (persero) Tbk Tardi mengatakan pihaknya akan lebih fokus ke penyaluran KUR kepada kelompok masyarakat bawah pada 2017.

Bila, saat ini, penyaluran KUR perusahaan pelat merah itu masih timpang ke sektor perdagangan, dia mengklaim tahun depan akan lebih menyasar nelayan, petani, dan sektor perkebunan.

"Sesuai arahan pemerintah, tahun depan akan didorong lebih ke bawah, ke petani, nelayan, dan sektor perkebunan. Kita siapkan dari sekarang karena sektor-sektor itu kan risikonya tinggi," ucap Tardi, Selasa (29/11/2016).

Tardi menilai pihaknya akan menggunakan konsep inti plasma dalam menyalurkan KUR untuk nelayan. Konsepnya, para nelayan harus memiliki mitra dagang yang pasti akan membeli seluruh tangkapannya. Dengan demikian, Tardi menilai risiko gagal bayar dari para nelayan akan berkurang.

"Kalau nelayan ada off-taker, jadi terjamin hasil tangkapannya. Uangnya bisa dikontrol," tukas Tardi.

Hingga Oktober 2016, kata Tardi, penyaluran KUR sudah mencapai Rp11 triliun dari target Rp13 triliun. Dia pun optimistis seluruh KUR tersebut bisa tersalurkan kepada masyarakat, meski mayoritas masih kepada sektor perdagangan.


(SAW)