Datangi Pasar Tanah Abang

Dirjen Pajak Ajak Pelaku UMKM Ikut Amnesti Pajak

Eko Nordiansyah    •    Senin, 17 Oct 2016 12:35 WIB
tax amnesty
Dirjen Pajak Ajak Pelaku UMKM Ikut Amnesti Pajak
Dirjen Pajak Kemenkeu Ken Dwijugiasteadi saat melakukan blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ken Dwijugiasteadi mendatangi Pasar Tanah Abang, Jakarta. Kedatangannya kali ini adalah untuk mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengikuti program pengampunan pajak atau amnesti pajak.

Datang dengan menggenakan kemeja putih, Ken langsung menemui perwakilan dari pedagang Pasar Tanah Abang. Ken mengajak para pedagang untuk ikut program amnesti pajak tanpa memikirkan berapa uang yang harus dibayarkannya.

Baca: Tarik Repatriasi, Pemerintah Harus Jamin Kepastian Politik

"Enggak usah takut, mau bayar berapa juga. Kan yang penting datanya benar dan lengkap. Semua warga negara punya hak yang sama untuk dapat pelayanan pajak," kata Ken, ditemui saat blusukan di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Dirinya menambahkan, tidak ada target khusus berapa uang tebusan yang bisa didapat dari keikutsertaan pedagang di Pasar Tanah Abang dalam amnesti pajak. Sebab, Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu mengincar kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak jadi lebih baik.


Sumber: Pajak

"Jadi saya beri hak yang sama agar orang itu patuh ke pajak, benar, jelas dan lengkap. Enggak lihat hasilnya berapa, tapi kalau ini dikumpulkan hasilnya mungkin lebih baik dari yang (amnesti pajak) periode pertama," jelas dia.

Baca: Pemerintah Perlu Tambah Instrumen Investasi Dana Amnesti Pajak

Hingga saat ini, uang tebusan yang telah masuk dari program amnesti pajak sebesar Rp93,7 triliun. Dari total tersebut, uang tebusan yang telah dibayarkan oleh WP orang pribadi UMKM mencapai Rp3,07 triliun sedangkan dari WP badan UMKM sebesar Rp199 miliar.

 


(ABD)