PTPN XI Genjot Diversifikasi Produk Tingkatkan Pendapatan

   •    Sabtu, 11 Nov 2017 13:03 WIB
ptpn
PTPN XI Genjot Diversifikasi Produk Tingkatkan Pendapatan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jember: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI akan menggenjot diversifikasi produk, namun tetap produk gula sebagai produk inti untuk meningkatkan pendapatan pada 2018.

Direktur Utama PTPN XI Moh Cholidi mengatakan ada beberapa rencana diversifikasi yang akan dilakukan PTPN XI guna meningkatkan pendapatan di antaranya menghasilkan energi listrik, penanaman edamame sebagai tanaman sela di lahan hak guna usaha (HGU) PTPN XI, dan mengalihkan fungsi pabrik gula untuk workshop.

"Kami melakukan kerja sama dengan PLN untuk menyiapkan pabrik gula (PG) Asembagus di Kabupaten Situbondo untuk menghasilkan energi terbarukan berupa bioetanol dan tenaga listrik Cogeneration yang merupakan listrik yang dihasilkan oleh mesin uap mesin giling di pabrik gula," tuturnya, di Jember, Jawa Timur, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 11 November 2017.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan membuat nota kesepahaman (Mou) kerja sama dengan PT Mitra Tani Dua Tujuh untuk melakukan penananam edamame sebagai tanaman sela di kebun HGU PTPN XI seluas 500 hektare (ha) per tahun.

"Hal itu dilakukan untuk merotasi tanah, agar tanah tersebut menjadi subur dengan menanam tanaman sela dan menghijaukan kebun atau peremajaan tanah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas tanaman tebu nantinya," jelas dia.

Ia mengatakan PTPN XI juga akan memanfaatkan PG Kanigoro untuk dialihfungsikan menjadi pusat layanan workshop perbengkelan pabrik gula pada 2018, namun tidak terbatas dengan hal itu karena PG Kanigoro bisa menyuplai industri yang lain.

"Kami juga melakukan penjajakan dengan Direksi PT INKA yang berminat untuk membuat workshop perakitan kereta di lahan PG Kanigoro yang memiliki lahan seluas 16 hektare sehingga seluruh yang berpotensi menghasilkan pendapatan akan dimulai pada 2018," tambah dia.

Cholidi menjelaskan peningkatan produk intinya tetap tebu karena komoditas tanaman tersebut merupakan bagian sumber pendapatan dari diversifikasi, sehingga berbagai hal diversifikasi yang dilakukan juga bertujuan untuk meningkatkan produksi gula.


(AHL)