Turunkan Harga, PPI Kirim 20 Ton Sembako ke Puncak Jaya

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Oct 2017 19:29 WIB
bumn
Turunkan Harga, PPI Kirim 20 Ton Sembako ke Puncak Jaya
Illustrasi (ANT/Aditya Pradana Putra).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjanjikan harga bahan pokok atau sembako yang mahal di Kabupaten Puncak Jaya, Papua turun harga hingga 25 persen dalam satu bulan ke depan.

Untuk merealisasaikan hal tersebut,   Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mengirimkan 20 ton atau 15 truk sembako yang terdiri dari gula, tepung dan minyak. Jika harga diturunkan 25 persen dari harga asli di Puncak Jaya maka harga gula menjadi Rp21.750 per kg, minyak goreng Rp23.250 per liter dan tepung terigu Rp18.000 per kg.

"Harga pasar di Puncak Jaya, gula sekira Rp29.000 per kilogram (kg), minyak goreng Rp31.000 per liter dan tepung terigu Rp24.000 per kg," kata Direktur Utama Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Agus Andiyani di ruang pers Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Agus menuturkan, puluhan ton bahan pokok ini dikirim melalui jalur laut dengan rute Jawa-Surabaya-Timika-Wamena-Puncak Jaya. Rute ini dipercaya mampu memangkas biaya logistik yang sangat mahal. Selain itu, PPI menyesuaikan waktu keberangkatan pesawat dan datangnya kapal agar sembako tersebut tak perlu disimpan di gudang.

"Ini pertama kita kirim dan sekarang sedang proses. Supaya lebih murah kan ga perlu gudang makankita sesuaikan keberangkatan kapal dengan datangnya pesawat," ujarnya.

Lebih lanjut PPI menggandeng Pelni, PT Pos dan Pelindo untuk mengirimkan sembako ke Puncak Jaya. Kemudian perseroan juga menunjuk tiga toko di Puncak Jaya untuk menjual sembako sesuai harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh PPI.

"Kami langsung membuat kontrak produsen langsung khusus Puncak Jaya. Hal ini untuk mengurangi rantai pasok karena medan di sana berat," tutup dia.

Sebelumnya, harga semen di Papua utamanya di Puncak Jaya berhasil diturunkan dari harga Rp2 juta menjadi Rp370.000 untuk ukuran 40 sak.



(SAW)