Tumpas Kemiskinan, BKP Dorong Padat Karya di 1000 Desa

   •    Kamis, 08 Feb 2018 12:00 WIB
berita kementan
Tumpas Kemiskinan, BKP Dorong Padat Karya di 1000 Desa
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan arahan pada seminar bertema `Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018`.di Makassar. Foto: istimewa

Makassar: Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian akan menggulirkan program yang fokus untuk pengentasan kemiskinan pada 2018. Salah satunya, mendorong program padat karya di 1000 desa yang tersebar di 100 kabupaten/kota.
 
Hal itu disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan arahan pada seminar bertema `Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018`.

"Pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa di 100 kabupaten/kota" kata Agung di Makassar, Kamis, 8 Februari 2018.

Baca: Gerak Cepat Menanggulangi Harga Gabah 

Upaya yang dilakukan melalui kegiatan reguler mencakup pengentasan wilayah rentan rawan pangan, gerakan diversifikasi pangan, distribusi serta pengendalian harga dan mutu keamanan pangan, serta analisis kajian dan kebijakan tentang pangan.
 
Selain itu, kata Agung, BKP juga melaksanakan beberapa kegiatan, seperti penyediaan informasi harga pangan dari tingkat kabupaten hingga kecamatan, pelaksanaan serap gabah petani (Sergab) bersama TNI dan Bulog di tingkat kabupaten sampai tingkat lapangan, khususnya di 17 provinsi sentra produksi padi.
 
Agung menekankan, dinas dan instansi yang menangani urusan pangan perlu melakukan upaya ekstra untuk mendukung pencapaian swasembada pangan.
 
"Kita harus berjuang bersama, teman-teman lain sudah berjuang melaporkan luas tambah tanam (LTT) padi, mari kita bantu mereka dengan mengirimkan data perkembangan harga gabah dan beras di tingkat petani," kata Agung.




(FZN)

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

20 hours Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA