Masyarakat Sulut Kian Percaya dengan BPR

   •    Kamis, 09 Nov 2017 14:03 WIB
ojkperbankan
Masyarakat Sulut Kian Percaya dengan BPR
Ilustrasi OJK (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Manado: Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) makin percaya dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Hal ini tercermin dari penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK). Diharapkan kondisi semacam ini bisa terus mengalami penguatan di masa-masa yang akan datang.

"Penghimpunan dana masyarakat oleh BPR Sulut hingga Juli 2017 mencapai Rp1,02 triliun atau mengalami peningkatan 5,35 persen secara tahunan," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda, di Manado, seperti dikutip dari Antara, Kamis 9 November 2017.

Dia mengatakan dibandingkan dengan bulan sebelumnya juga mengalami peningkatan sebesar 1,77 persen. Elyanus mengatakan, terus mengalami peningkatan karena masyarakat semakin paham bahwa BPR juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"LPS menjamin dana masyarakat hingga batas Rp2 miliar. Masyarakat Sulut tidak perlu khawatir menyimpan dana di bank," jelasnya.

Dia menjelaskan, selain investasi, menabung juga untuk kebutuhan dana pendidikan anak dan kebutuhan mendadak lain karena itu mereka makin percaya menyimpan uangnya di BPR. "Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan BPR guna membantu mengelola keuangan keluarga," terangnya.

Elyanus menambahkan, menabung di BPR sama amannya dengan bank umum karena ada perlindungan berupa penjaminan simpanan dari pemerintah. Namun OJK terus mendorong BPR untuk lebih lagi berinovasi sehingga penghimpunan dana masyarakat semakin meningkat.

Banyak masyarakat belum disentuh bank umum dan menjadi bagian BPR, yang masuk ke pedesaan. Hasilnya, mereka mengenal dunia perbankan yang mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola dana.


(ABD)