Jasa Marga Jamin tak Ada PHK Meski Tol 100% Layani Nontunai

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 06 Oct 2017 21:51 WIB
transaksi non tunaijasa marga
Jasa Marga Jamin tak Ada PHK Meski Tol 100% Layani Nontunai
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Lucky)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga Tbk (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menjamin tidak akan ada pemutusan hak kerja (PHK) karyawan atau pekerja kendati seluruh tol melayani transaksi nontunai (e-toll).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani. Desi mengatakan sampai saat ini karyawan Jasa Marga berjumlah 9.900 orang di mana di dalamnya termasuk yang selama ini melayani transaksi di loket tol.

"Kami tidak (akan) melakukan PHK atas pengurangan petugas karena memakai elektronifikasi," kata Desi usai rapat elektronifikasi jalan tol di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017.

Desi mengatakan dengan adanya fasilitas e-toll, bukan berarti tidak ada petugas yang berjaga di gerbang tol tersebut. Sebab di saat yang bersamaan jumlah jalan tol yang akan dioperasikan Jasa Marga akan double. Saat ini Jasa Marga mengoperasikan 625 kilometer (km) dan dalam waktu dekat akan menjadi 1.260 km.

Sementara untuk petugas yang memang berlebih nantinya akan dialihtugaskan atau ditempatkan ke fungsi yang lain misalnya di rest area agar lebih rapih dan bersih, serta mengecek jembatan dan sebagainya.

"Jadi banyak sekali tempat-tempat yang mau kita improve pelayanannya baik fisik jalan tol maupun rest area dan lain-lain," jelas dia.

 


(AHL)