Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 07 Dec 2017 14:16 WIB
berita kementan
Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Aman
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi (Foto:Gervin Nathaniel Purba)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok pangan aman untuk memenuhi kebutuhan Natal dan tahun baru. Kementan juga mencatat terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi mengatakan, secara umum kenaikan harga pangan tidak signifikan. Hanya sekitar empat persen dari total keseluruhan. Komoditas pangan yang mengalami kenaikan ialah bawang merah dan cabai keriting merah.

"Ini ada kaitannya dengan kondisi cuaca curah hujan tinggi," ujar Agung, usai menghadiri rapat koordinasi bersama Satgas Pangan, Bulog, dan KPPU, di kantor pusat Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Agung menegaskan pihaknya akan segera menindaklanjuti agar harga pangan tetap terkendali, yaitu dengan menggelar rapat koordinasi bersama Satgas Pangan, Dinas Pertanian setempat, tim pemantau inflasi, dan beberapa pihak terkait dalam mengamankan stok dan distribusi pangan hingga akhir tahun.

"Akan kita lakukan pengendalian stok. Lalu akan lakukan operasi pasar jika diperlukan," ucap Agung.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan bahwa kelancaran jalur distribusi pangan dari produsen ke konsumen menjadi tugasnya. Ia berharap harga pangan tetap stabil, dan pasokan aman seperti saat Lebaran kemarin.

"Kita ingin mengulang kesuksesan saat hari raya Idul Fitri," ucap Setyo.

Berdasarkan pantauan timnya, stok pangan untuk kebutuhan Natal dan perayaan tahun baru aman dan siap didistribusikan. Setyo menekankan agar mafia pangan tidak memainkan harga.

"Kami awasi dari satgas pusat, daerah, hingga polres. Kita harap semua lancar dan tidak ada spekulan bermain. Bahan pokok jangan dimainkan karena sangat penting," kata dia tegas.


(ROS)