Jadi Komisaris Independen, Rofikoh Ingin Kembalikan Fungsi BRI

Desi Angriani    •    Kamis, 19 Oct 2017 17:07 WIB
bri
Jadi Komisaris Independen, Rofikoh Ingin Kembalikan Fungsi BRI
BRI (ANT/Rani).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Rofikoh Rokhim ditunjuk sebagai komisaris independen Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggantikan posisi Adhyaksa Dault. 

Rofikoh mengatakan ingin mengembalikan fungsi BRI ke awal masa pendiriannya baik di sektor kredit maupun keuangannya. BRI harus menyebarkan seluruh produk perbankan yang terjangkau kepada masyarakat.

"Tapi mungkin barangkali BRI ini adalah bank yang paling besar, bank wong cilik sebenarnya karena menurut saya kemungkinan besar BRI harus kembali pada fungsi awal pendirian BRI," katanya di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2017.

Namun demikian, Rofikoh mengaku belum tau secara rinci tugas pokok dan fungsinya sebagai komisaris independen. Ia harus mengikuti sejumlah rapat bersama komisaris BRI lainnya. 

"Saya baru saja ditunjuk menjadi komisaris independen BRI. Tentu saja mungkin ada tugas yang harus saya jalankan, terus terang saya belum tau karena memang belum rapat," tutup dia.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk merombak jajaran direksi dan komisaris. Yakni memberhentikan Sunarso sebagai Wakil Direktur Utama dan Randi Anto sebagai Direktur Konsumer. 

Kemudian jabatan wakil direktur utama dihapus. Sementara Komisaris yang diganti adalah Adhyaksa Dault yang menjabat komisaris independen. Dia digantikan oleh Rofikoh Rokim.



(SAW)