Dukung Implementasi Nontunai di Jalan Tol, BI Siapkan e-Money Gratis

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 10 Oct 2017 19:24 WIB
emoney
Dukung Implementasi Nontunai di Jalan Tol, BI Siapkan e-Money Gratis
Illustrasi E-money (ANT/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengaku siap untuk mendukung implementasi transaksi nontunai yang akan diterapkan di jalan tol. Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh bank sentral adalah dengan memberikan uang elektronik (e-money) secara percuma alias gratis.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Pungky P. Wibowo mengatakan, sinergi akan terus dilakukan bersama Badan Usaha Jalan Tol, bank hingga pihak swasta. Bahkan pada Senin 16 Oktober, rencananya program penyediaan kartu seharga nol rupiah dilanjutkan sampai 31 Oktober.

"Kalau tidak ada aral melintang, Senin depan mulai kembali dan kartu uang elektronik disediakan (gratis) bagi pelanggan jalan tol yang kesulitan memperoleh uang elektronik pada saat akan membayar di gardu tol," ujarnya kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Dirinya menambahkan, perolehan e-money akan dibatasi satu kendaraan mendapatkan satu kartu. Menurut dia, pendistribusian untuk pemenuhan kebutuhan kartu ini merupakan kerjasama operator dan bank dengan harapan memperlancar implementasi kewajiban nontunai di jalan tol.

Selain itu, BI juga membuka kesempatan bank-bank lain untuk ikut serta dalam program elektronifikasi. Ketika dahulu hanya dimonopoli satu bank, maka ke depan akan ada banyak lagi perbankan yang bisa terlibat, dengan harapan masyarakat bisa lebih mudah.

"Sekarang ada lima bank, Desember 2017 akan ada tiga tambahan bank lagi, Bank Mega, Bank Nobu dan Bank DKI. Sehingga integrasi akan lebih mudah dan lebih kuat. Masyarakat secara bebas dan nyaman menggunakan uang elektronik dari bank-bank tersebut," jelas dia.

Saat ini empat bank BUMN dan satu bank swasta yang produk mengeluarkan e-money, sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di jalan tol. Mereka adalah Flazz dari BCA, E-money dari Bank Mandiri, TapCash dari BNI, Brizzi dari BRI dan Blink dari BTN.


(SAW)