Atasi Lonjakan Harga Pangan, DKI Gandeng Ditjen Holtikultura

Intan Yunelia    •    Selasa, 13 Mar 2018 09:06 WIB
pangan
Atasi Lonjakan Harga Pangan, DKI Gandeng Ditjen Holtikultura
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/ Ilham Wibowo.

Jakarta: Tiga bulan menjelang datangnya bulan puasa, harga kebutuhan bahan pangan melonjak tajam. Mengantisipasi hal itu Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian menggagas ketahanan pangan dengan konsep Urban Farming.

“Biasanya ini kan sudah 64 hari menuju puasa dan biasanya puasa itu kan harga melonjak,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 12 Maret 2018.

Saat ini harga beberapa komoditas pangan terpantau naik. Misalnya saja komuditas cabai dan bawang putih yang merupakan bahan pangan pokok.

“Kita inginannya tidak terulang lagi di mana harga bahan pokok khususnya harga bahan pangan itu meningkat saat Ramadhan,” ucap Sandi.

Konsep Urban Farming (pertanian perkotaan ) selain mampu menciptakan ketahanan pangan, diharapkan juga meningkatkan lapangan kerja. Lahan pertanian di perkotaan yang sempit bisa disulap dengan menanam tanaman-tanaman bernilai komuditas.

”Dengan inisiatif yang kita lakukan, kita berharap bukan hanya membuka lapangan kerja untuk para urban farmer, tapi juga bisa membantu ketahanan pangan kita,” tandas Sandi.



(SCI)