Debat Capres

Capres Perlu Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi

   •    Jumat, 08 Feb 2019 09:30 WIB
pertumbuhan ekonomiinfrastrukturekonomi indonesia
Capres Perlu Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi
Ilustrasi (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Jakarta: Pengamat ekonomi Hisar Sirait berharap kedua calon presiden (capres) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 memberikan prioritas terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi. Hal itu menjadi penting guna memacu aktivitas perekonomian Indonesia termasuk meningkatkan daya saing.

"Memberikan prioritas kepada pembangunan-pembangunan infrastruktur dan transportasi yang betul-betul dalam jangka pendek secara jelas akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat," ujar Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie tersebut, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.

Dia menjelaskan selama ini yang terjadi adalah masyarakat Indonesia mampu berproduksi, tetapi kurang mampu untuk bisa mengirimkan dan menyampaikan hasil produksinya ke titik konsumsi karena terkendala transportasi. Kondisi ini memicu mahalnya biaya logistik Tanah Air.

"Mari kita membuka kacamata dengan benar, mari kita melihat sudut pandang yang positif bahwa negara ini hanya akan bisa maju, pembangunan ekonominya hanya bisa maju kalau ada infrastruktur seperti jalan, pelabuhan-pelabuhan, dan bandara. Hanya itu yang bisa menghubungkan titik produksi ke titik konsumsi," kata Hisar Sirait.

Sebelumnya dia menjelaskan masalah aspek transportasi dan infrastruktur merupakan aspek yang sangat krusial, di mana kalau Indonesia ingin melihat bagaimana kemajuan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Tiongkok, negara-negara tersebut saat hendak membangun perekonomiannya yang pertama kali perhatikan adalah pembangunan sarana transportasinya.

Debat pilpres 2019 babak kedua akan digelar pada Minggu 17 Februari 2019. Debat babak kedua tersebut akan membahas energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.  

Pengamat  Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira memprediksikan bahwa  topik infrastruktur akan menjadi salah satu topik paling hangat yang dibahas dalam debat kedua pilpres 2019 tersebut.

Debat babak kedua ini termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme telah digelar pada 17 Januari 2019, dan debat terakhir yakni debat babak kelima bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri akan menutup seluruh rangkaian debat pilpres 2019.


(ABD)