Cara Agar Kemudahan Berinvestasi RI Naik ke Peringkat 40

Desi Angriani    •    Kamis, 01 Nov 2018 21:19 WIB
bkpmkemudahan berusaha
Cara Agar Kemudahan Berinvestasi RI Naik ke Peringkat 40
Kepala BKPM Thomas Lembong ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018. Medcom/Desi.

Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan cara yang harus ditempuh agar kemudahan berinvestasi atau Ease of Doing Business (EoDB) naik ke peringkat 40. Tahun depan pemerintah menargetkan posisi EoDB ke posisi 50 besar dari yang sekarang di posisi ke-73.

"Kalau mau melonjak lagi ke top 50, ya memang harus mulai dari akar-akar permasalahan," kata Kepala BKPM Thomas Lembong ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Dirinya menambahkan pemerintah harus secara konsisten menjalankan reformasi. Termasuk pola kerja, pola penilaian kinerja, dan prestasi birokrasi yang menitikberatkan untuk prosedur kemudahan berusaha yang lebih baik.

Menurut dia, perubahan peraturan yang dijalankan pemerintah harus memudahkan investasi. Selama ini, lanjut dia, pemerintah belum melakukan introspeksi terhadap pola birokrasi dengan aparat penegak audit.

"Karena sekali, lagi ratusan lembar, ribuan lembar kepatuhan regulasi jadi pegangan aparat penegak hukum. Jadi harus mulai masuk ke akar-akar permasalahan kalau mau terus menikmati perbaikan yang signifikan," jelas dia.

Selain itu, tantangan yang dihadapi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hampis sama. Pejabat daerah maupun pusat sering kali terjebak dengan siklus pola-pola kegiatan, yang harusnya diperbaiki dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) lebih baik.

"Terus terang masih berhadapan dengan saling mensandra atau peres ya kan, mungkin ya sama aja polanya. Mungkin di pemerintah pusat sedikit lebih mudah karena SDM lebih mudah di Jakarta tapi butuh introspeksi," pungkasnya.


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA