Pengeluaran Peserta dan Pengunjung Asian Games Ditaksir Rp3,6 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 13 May 2018 19:15 WIB
asian games
Pengeluaran Peserta dan Pengunjung Asian Games Ditaksir Rp3,6 Triliun
Asian Games. Dok: Istimewa.

Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga dunia, Asian Games yang akan dilangsungkan di Agustus 2018.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan suatu negara yang menjadi tuan rumah telah menghitung dampaknya bagi perekonomian negara tersebut.

Bambang bilang, dari dampak secara langsung, pengeluaran peserta dan pengunjung yang hadir dalam agenda tersebut mencapai Rp3,6 triliun.

"Yang paling besar spending-nya adalah penonton dan wisatawan," kata Bambang dalam diskusi menakar potensi ekonomi Asian Games, di Kominfo, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Mei 2018.

baca : Asian Games Diharap Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jumlah tersebut dibagi dalam dua kategori yakni yang berasal dari mancanegara sebesar Rp2,7 triliun dan asal domestik sebesa Rp882 miliar. Apabila dirinci kembali dari pengeluaran tersebut, sebesar Rp2,6 triliun digunakan di Jakarta sedangkan sisanya Rp967 miliar di Palembang.

Sementara untuk distribusi pengeluaran berdasarkan jenis belanja akan terbagi ke akomodasi sekitar Rp1,3 triliun, makanan dan minuman Rp625 miliar, hiburan Rp280 miliar, belanja dan souvenir Rp561 milar serta transportasi Rp641 miliar.


(SAW)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

10 hours Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA