Bank Muamalat Targetkan Pembiayaan Korporasi Tumbuh Rp2 Triliun

Eko Nordiansyah    •    Senin, 10 Apr 2017 12:15 WIB
bank muamalat
Bank Muamalat Targetkan Pembiayaan Korporasi Tumbuh Rp2 Triliun
Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Muamalat Indonesia Tbk berupaya meningkatkan outstanding pembiayaan di segmen korporasi. Pada 2017, Bank Muamalat menargetkan pembiayaan korporasi yang disalurkan tumbuh Rp2 triliun dari outstanding 2016 yang tercatat mencapai Rp23,30 triliun.

"Pada 2016 nilai outstanding pembiayaan korporasi Bank Muamalat tercatat meningkat sebanyak 8,67 persen dari nilai outstanding pembiayaan korporasi 2015 yang sebesar Rp21,44 triliun," kata Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman, di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 10 April 2017.

Dirinya menambahkan, ekonomi Indonesia pada 2017 lebih optimis dan masih cukup fleksibel untuk menyesuaikan diri dalam merespons gejolak ekonomi global. Ini artinya memberi peluang untuk Bank Muamalat bisa meningkatkan penyaluran pembiayaan di tahun ini.


Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Sementara itu, Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat Indra Y Sugiarto menyebutkan, pihaknya akan fokus pada penyaluran pembiayaan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan berlabel blue chip. Hal ini, kata dia, sebagai langkah perseroan untuk mengoptimalkan penyaluran pembiayaan korporasi di tahun ini.

"Berbagai perusahaan yang kami targetkan antara lain berasal dari sektor infrastruktur, industri kendaraan bermotor, agrikultur seperti industri kelapa sawit, perdagangan, makanan minuman, pendidikan, kesehatan, real estate, dan lain-lain," jelas dia.

Selain memenuhi target pembiayaan korporasi, Bank Muamalat berharap agar upaya ini dapat memacu tren positif pertumbuhan sektor pembiayaan di Indonesia. Sebagaimana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pertumbuhan kredit tahun ini dapat mencapai sembilan sampai 12 persen.

Sekadar diketahui, pada 2016 secara keseluruhan pertumbuhan pembiayaan Bank Muamalat cenderung stagnan. Sepanjang tahun lalu, perseroan tercatat menyalurkan pembiayaan sebesar Rp40,1 triliun untuk semua segmen.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA