Produk Pepaya California Menurun

   •    Minggu, 16 Apr 2017 14:12 WIB
harga buah
Produk Pepaya California Menurun
Biji pepaya (Foto: Wikihow)

Metrotvnews.com, Lebak: Produksi pepaya California di Kabupaten Lebak, Banten, menurun sehingga membuat para petani tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

"Sejak sebulan terakhir produksi pepaya California menurun akibat serangan hama tanaman," kata Yana (50) seorang petani di Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak, dikutip dari Antara, Minggu 16 April 2017.

Dia mengatakan, tanaman pepaya California seluas dua hektare (ha) miliknya mati akibat serangan hama dan penyakit organisme pengganggu tanaman (OPT).

AKibatnya saat ini petani tidak mampu memenuhi permintaan pasar dengan jumlah besar. Para petani hanya mampu menjual produksi California untuk konsumsi warga Rangkasbitung. Sebab, jika memasok ke sejumlah pasar induk di Tangerang dan Jakarta tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

Selama ini, kualitas pepaya California Lebak cukup bagus sehingga permintaan pasar relatif tinggi, apalagi menjelang Ramadan.

Bahkan, pendapatan petani naik dua kali lipat akibat tingginya permintaan pasar tersebut. Saat ini, kata dia, harga pepaya california di tingkat petani bervariasi antara Rp4.000-Rp5.000/kilogram (kg).

"Kami hari ini hanya mampu memproduksi pepaya California sekitar dua ton selama sepekan," katanya.

Dudung (55), seorang petani pepaya california di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, mengatakan ia mengembangkan pepaya California seluas dua hektare, karena permintaan pasar cukup bagus. Namun, dirinya tidak mampu memenuhi permintaan pasar akibat serangan hama itu.

"Kami sudah tiga tahun membudidayakan usaha pepaya California, namun kali pertama terserang hama," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna mengatakan, saat ini petani di sejumlah kecamatan mengeluh karena tanaman pepaya California terserang hama sehingga tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Pemerintah daerah akan melakukan pemantauan guna mengendalikan penyakit hama tanaman pepaya caliornia itu.

"Kami menduga serangan hama tanaman pepaya California akibat curah hujan tinggi sehingga berpotensi serangan hama," katanya.

Menurut Dede, saat ini petani pepaya california yang terserang hama sekitar Kecamatan Warunggunung hingga puluhan hektare. Padahal, permintaan pepaya California di tingkat pasar lokal cenderung meningkat sehingga cukup menjanjikan mendongkrak pendapatan ekonomi keluarga.

Biaya tanaman pepaya California hingga produksi mencapai Rp25.000 per pohon. Sedangkan, usia produksi pepaya California itu bisa mencapai lima tahun.

"Jika petani tanam seluas satu hektare bisa mencapai 1.800 pohon dengan biaya produksi sekitar Rp35 juta, maka pada panen tahun pertama sudah kembali modal," jelas dia.
(SAW)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

2 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA