Target Nilai Investasi Jambi Naik 10%

   •    Minggu, 05 Jun 2016 13:17 WIB
jambi
Target Nilai Investasi Jambi Naik 10%
Pemprov Jambi. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.

Metrotvnews.com, Jambi: Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMD-PPT) Provinsi Jambi menyebutkan, nilai investasi di daerah ini pada 2016 ditargetkan naik sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp4 triliun.

"Kita menargetkan nilai investasi tahun ini bisa mencapai Rp4,4 triliun atau naik sebesar 10 persen, sesuai yang ditargetkan Pemerintah Pusat kepada Jambi," kata Kepala BPMD-PTT Jambi Otto Riadi dikutip dari Antara, Minggu (5/6/2016). 

Pihaknya optimistis target nilai investasi tersebut tercapai, mengingat harga komoditas unggulan Jambi yakni karet dan Crude Palm Oil (CPO) telah menunjukkan arah yang lebih positif.

"Mudah-mudahan target itu bisa dicapai, banyak investor yang komitmen di 2015 itu, mereka akan mengisi komitmennya atau merealisasikan investasinya di  2016 ini," katanya.

Ia menyebutkan, tercapainya target investasi tersebut dapat mengurangi angka pengangguran dan mengurangi kemiskinan.

Otto menjelaskan investasi yang paling banyak masuk ke Provinsi Jambi adalah penanaman modal dalam negeri (PMDN) yakni sebesar 70 persen, sementara PMA sebesar 30 persen.

"Untuk PMDN saja realisasinya mencapai angka Rp3,8 triliun, sedangkan PMA Rp1,2 triliun. Yang paling banyak investor melakukan re-investasi, karena adanya kepercayaan dari perusahaan yang sudah berinvestasi di Jambi," jelasnya. 

Otto menjelaskan, dari sejumlah investasi yang masuk ke Provinsi Jambi, sektor perkebunan kelapa sawit dan karet masih paling mendominasi yang kemudian disusul oleh sektor industri lainnya seperti dari sektor kehutanan dan pertambangan.

Selama periode lima tahun (2010-2015), ia menjelaskan  realisasi investasi melebihi target atau mencapai Rp46,5 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp40,6 triliun.

"Target Jambi untuk lima tahun ke depan atau dari 2016 hingga 2021, berdasarkan rata-rata pertumbuhan investasi rencana yang akan dicapai yaitu sebesar Rp370 triliun," katanya.



(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA