Menhub: 290 Ribu Orang Ikuti Program Mudik Gratis

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 26 Jul 2017 12:51 WIB
mudik lebaran 2017
Menhub: 290 Ribu Orang Ikuti Program Mudik Gratis
Ilustrasi mudik di Lebaran 2017. (FOTO: MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah pemudik yang menggunakan program mudik gratis mencapai 290 ribu orang. Ia berharap agar program mudik gratis dapat ditingkatkan kedepannya.

"Total mudik gratis baik dari BUMN, pemerintah, dan swasta mencapai 290 ribu orang," ujar Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017.

Menurut dia, adanya program mudik gratis ini memberikan pengaruh pada peningkatan jumlah penumpang. Ia tidak memungkiri adanya penumpukan penumpang, namun masih terkendali karena adanya program mudik gratis.

Oleh sebab itu, ia merekomendasikan agar program mudik gratis ditata lebih baik lagi pada Lebaran tahun depan. Ia dengan membaiknya tata kelola progra mudik gratis dapat membuat pengemudi sepeda motor menjadi beralih.

"Pemudik motor belum tertarik untuk beralih ke moda angkutan umum," katanya.

Di sisi lain, Budi mengatakan program mudik bareng 2017 berjalan lancar karena salah satunya ada komunikasi yang baik dengan media-media. Ia juga mengapresiasi kepada Komisi V DPR yang telah memberikan sejumlah terobosan demi kelancaran arus mudik.

"Terima kasih Komisi V DPR yang telah memberikan terobosan, baik dari darat, laut, udara, penyeberangan, dan lainnya," pungkas mantan Dirut Angkasa Pura II itu.

 


(AHL)