Mendag Pastikan tak Ada Gejolak Inflasi Harga Pangan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 14 Apr 2017 13:38 WIB
inflasi
Mendag Pastikan tak Ada Gejolak Inflasi Harga Pangan
Mendag Enggartiasto Lukita saat sidak ke pasar pantau harga pangan. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan serta harga pangan tidak akan mengalami lonjakan. Dengan begitu tekanan inflasi dari pangan bergejolak (volatile food) dipastikan tidak akan mendorong indeks harga konsumen (IHK) mengalami tekanan inflasi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, sejumlah harga komoditas masih terkendali dengan baik. Bahkan pihaknya telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas gula, minyak goreng, serta daging beku agar harganya tidak mengalami kenaikan.

"Mereka apapun dia (harga gula) harus Rp12.500 tidak boleh lebih dari itu, ada yang lebih copot. Jadi pagi saya ke pasar tardisional harga gula sudah turun dari Rp13.500 jadi Rp13.000 itu untuk komoditi gula. Saya kasih tahu suruh jual Rp12.500 kalau you jual Rp13.000 barang you tidak laku," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis malam 13 April 2017.




Sementara itu, baik harga minyak goreng dan daging beku dipastikan akan segera disesuaikan dengan HET. Harga tersebut bukan hanya berlaku di pasar tradisional namun juga di pasar retail modern.

"Kedua minyak goreng masih Rp11.700, saya bilang minyak goreng harus Rp10.500. Saya bilang di pasar modern harus Rp11.000, daging beku Rp80.000 merata semuanya dan itu semuanya," jelas dia.

Dirinya meyakini jika pengendalian harga akan bisa berlanjut sampai dengan bulan puasa. Bahkan Enggar menjamin jika stok yang tersedia mencukupi guna memenuhi kebutuhan selama puasa dan Lebaran sehingga tak perlu ada kenaikan harga.

"Saya yakin sampai bulan puasa karena setiap distributor terdapat di Kemendag dan ada sanksinya dan wajib melaporkan posisi stok, karena (jika) mereka bermain-main dengan itu kita coret dia enggak bisa dagang," pungkasnya.

 


(AHL)