KKP Bangun 1.068 Kapal Perikanan

Desi Angriani    •    Selasa, 18 Apr 2017 17:54 WIB
kelautan dan perikanan
KKP Bangun 1.068 Kapal Perikanan
Illustrasi (ANT/Ampelsa).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah menyiapkan Rp467 miliar untuk membangun 1.068 unit kapal perikanan dengan beragam ukuran. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta mengoptimalkan sumber daya perikanan tangkap.

"Kita siapkan Rp467 miliar untuk membangun 1.068 unit kapal perikanan," ujar Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 18 April 2017.

Sjarief menuturkan, jumlah kapal perikanan dengan ukuran di bawah 30 GT akan dibuat lebih banyak untuk para nelayan kecil. Selain membangun kapal, KKP juga menggelar pelatihan bagi nelayan agar dapat mengoperasikan kapal tersebut.

"Kita akan memberikan pelatihan kepada nelayan-nelayan kecil agar mampu mengoperasikan kapal dan alat penangkapan ikan bantuan KKP," tuturnya.

Dia menambahkan, proses pengadaan kapal perikanan dan alat penangkapan ikan tersebut menggunakan mekanisme pelelangan umum dan e-katalog. Proses tersebut dilakukan secara terbuka untuk semua galangan kapal nasional baik milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

"Sasaran pengadaan paket bantuan kapal perikanan ini adalah terbangunnya kapal perikanan berbahan fiberglass yang laik laut, laik tangkap dan laik Simpan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan serta memperhatikan kearifan lokal dan penyerahan yang tepat waktu," pungkas dia.

Rencananya, kapal yang akan dibangun berukuran di bawah 5 GT sebanyak 449 unit, kapal 5 GT 498 unit, kapal berbobot 10 GT 92 unit, kapal dengan berat 20 GT sebanyak 3 unit, 20 unit kapal ukuran 30 GT dan 3 unit kapal penangkap berukuran 120 GT dari baja. Selain itu akan dibangun pula kapal pengangkut berukuran 100 GT dari baja sejumlah 3 unit.

Untuk melengkapi kapal bantuan tersebut, dibangun pula alat penangkapan ikan sebanyak 2.990 paket dengan total anggaran Rp 79 milyar. Bantuan alat penangkapan ikan itu terdiri dari gillnet dengan 59 spesifikasi. trammelnet 2 spesifikasi, rawai hanyut 3 spesifikasi, rawai dasar 3 spesifikasi, bubu 5 spesifikasi, pancing tonda 1 Spesifikasi pole and line 1 spesifikasi dan handline 15 spesifikasi.


(SAW)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

2 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA