Menkeu Khawatir Kades tak Manfaatkan Dana Desa untuk Entaskan Kemiskinan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:28 WIB
dana desa
Menkeu Khawatir Kades tak Manfaatkan Dana Desa untuk Entaskan Kemiskinan
Menkeu Sri Mulyani. MI/Immanuel.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada kekhawatiran yang muncul di benak Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai pengalokasian dana desa. Dirinya takut jika kepala desa (Kades) tak memiliki kepimpinan yang cakap untuk menggunakan dana tersebut.

Dalam rapat kerja nasional akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara untuk Indonesia sejahtera, Ani sapaan akrabnya mengatakan, dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat ke desa dimaksudkan salah satunya untuk mengntaskan kemiskinan.

Apalagi, mulai tahun depan ada perubahan formulasi yang mana desa dengan penduduk miskin lebih banyak, bakal mendapatkan kucuran dana desa yang lebih besar.

"Yang kita khawatirkan kalau penduduk dan desanya miskin dan leadership-nya kurang baik, dikasih dana desa makin banyak makin enggak jadi apa-apa," kata Ani, Kamis 14 September 2017.

Dirinya mengatakan ada 75.000 desa di Indonesia. Salah satu desa yang memiliki pemimpin yang mampu memanfaatkan dana desa dengan baik yakni Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke sana, Ani mengaku takjub karena di 2014, desa tersebut belum memiliki sesuatu yang bisa menciptakan nilai tambah, Dengan mulai digelontorkan dana desa pada tahun tersebut Rp200 juta, desa tersebut mengembangkan mata air yang ada di sana dan sekarang menjadi pusat atraksi turis.

Dalam tiga tahun, dana tersebut berkembang menjadi Rp10 miliar yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tahun ini ditargetkan dana kelolanya akan mencapai Rp15 miliar.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, jika di tingkat desa banyak pimpinan yang seperti itu, maka dana desa akan menjadi bermanfaat. Namun, dia paham jika sosok seperti itu tak banyak.

"Kalau ada kemauan dan pimpuinannya di situ secara detail, sistemik dan tahu masalah, pasti jalan," tegas dia.



(SAW)