BI Berharap Integrasi Transportasi di Jakarta Manfaatkan GPN

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 05 Jan 2018 19:06 WIB
bank indonesiagerbang pembayaran nasional
BI Berharap Integrasi Transportasi di Jakarta Manfaatkan GPN
Ilustrasi. (FOTO: MI/IMMANUEL ANTONIUS )

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menginginkan integrasi transportasi yang ada di Jakarta bisa memanfaatkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Pasalnya GPN akan membuat seluruh sistem pembayaran menjadi interoperabilitas dan interkoneksi dalam satu sistem.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan pihaknya sudah melaksanakan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tinggal menyelaraskan rencana untuk memperkuat transaksi nontunai (cashless) bagi moda transportasi umum di Ibu kota.

"Kami jelaskan, kami sambut baik bahwa di tingkat pemerintah daerah akan meyelenggarakan satu konsep terintegrasi terkait sistem pembayaran nontunai," kata Agus di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari 2018.

Dirinya menambahkan, layanan One Karcis One Trip (OK OTrip) yang tengah digagas Pemprov DKI bisa diintegrasikan dengan layanan yang sudah ada. Saat ini perbankan sudah mulai menghubungkan layanan nontunainya yang dibuktikan pada penerapan pembayan nontunai di jalan tol.

"Di mana sistem pembayaran nasional merupakan jawaban untuk sistem pembayaran yang akan dibangun. Sistem itu intinya nanti akan bisa interoperasi, interkoneksi, jika dilakukan pembayaran antara si pembayaran dan  penerima atau melakukan transaksi perdagangan dengan yang ada di Indonesia," jelas dia.

Keuntungan lainnya dari terintegrasi transaksi melalui non tunai adalah penerimaan daerah yang bisa dipantau. Dengan begitu, pajak daerah bisa dikelola lebih baik karena setiap pembayaran langsung terhubung ke pajak daerah.

"Harapannya dengan GPN maka Pemprov DKI bisa mengelola pembayaran pajak daerah agar lebih transparan dan tepat waktu. Nanti ketika dilaksanakan, maka pembayaran bisa langsung tersambung dengan badan pajak daerah. Pendapatan pajak bisa lebih baik," pungkasnya.

 


(AHL)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA