Pemerintah Ingin Pangkas Biaya Logistik dari 14% ke 7%

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 18 Oct 2017 12:32 WIB
logistikkabinet jokowi-jk
Pemerintah Ingin Pangkas Biaya Logistik dari 14% ke 7%
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (kanan). (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Permasalahan logistik masih menjadi momok bagi Indonesia. Pemerintah ingin memangkas biaya logistik yang masih terbilang mahal.

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan rata-rata biaya logistik di Indonesia mencapai 14,1 persen. Sementara dibandingkan dengan Jepang hanya 4,9 persen. Luhut mengatakan pemerintah ingin setidaknya biaya logistik pada 2019 bisa diturunkan hingga setengahnya atau 7-8 persen.

"Kalau kita potong setengahnya saja di 2019 itu akan bagus," kata Luhut dalam paparan kinerja tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK, di di Gedung Bina Graha KSP, Jakarta Pusat, Rabu 18 Oktober 2017.

Dia mengatakan setiap pelabuhan memiliki karakteristik berbeda sehingga biaya logistinya pun berbeda. Luhut mengatakan, dia akan merapatkan dengan kementerian terkait perihal upaya penurunan ini. Dirinya mengklaim memahai apa struktur yang harus dipangkas untuk bisa mengurangi biaya logistik.

Lebih jauh, transportasi yang tidak efisien menyebabkan biaya logistik yang mahal. Maka untuk mengurangi biaya logistik caranya dengan meningkatkan infrastruktur transportasi dan konektivitas.

"Saya percaya kalau cost di pelabuhan diturunkan dampaknya akan besar," jelas dia.

 


(AHL)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA