Permata Bank Jamin Keamanan Pemindai Suara Voice ID

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 08 Mar 2018 14:45 WIB
indah permatasari
Permata Bank Jamin Keamanan Pemindai Suara Voice ID
Permata. ANT/Reno Esnir.

Jakarta: PT Bank Permata Tbk menjamin keamanan dalam layanan pemindai suara Voice ID yang baru diluncurkan. Bahkan, keamanan dari sistem ini bisa melebihi keamanan penggunaan pemindai sidik jari dalam Finger ID atau pemindai wajah ketika menggunakan Facial ID.

"Identifikasi suara tidak bisa dicuri, sehingga tingkat keamanan yang lebih tinggi," kata Head of Service Quality OPEX & Contact Center Permata Bank Gunawidjaja di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Maret 2018.

Dirinya menambahkan otentifikasi melalui suara ini tetap bisa dilakukan meskipun nasabah mengalami gangguan suara karena sakit atau perubahan usia. Menurut dia, sistem yang ada dalam Voice ID akan menyesuaikan sehingga akan tetap bisa mengenali nasabahnya.

"Kalau satu bulan telepon ke Permata Tell, itu terjadi pengkayaan suara. Itu ada maksimumnya sampai berapa kali dia telepon akan stop proses pengkayaannya. Sehingga setelah itu, suaranya berubah, perlu harus mengulang lagi tapi memang ada proses pengkayaan tersebut," jelas dia.

Lebih lanjut, teknologi mechine learning capabilities mampu bekerja semakin baik seiring dengan jumlah database suara nasabah yang terdaftar. Tak hanya itu, Voice ID juga mempunyai beberapa spesifikasi yaitu pemindaian suara secara seamless yang dilakukan dalam percakapan normal tanpa sesi khusus.

Gunawidjaja menjelaskan, teknologi Voice ID mampu mengurangi waktu verifikasi dari dua menit menjadi 45 detik saja dan meningkatkan presentase dari 72 persen menjadi 95 persen secara bertahap. Untuk itu, layanan Voice ID diklaim sangat aman karena menghilangkan potensi fraud melalui call center.

Layanan Voice ID ini melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang dimiliki oleh Permata Bank, yaitu Finger ID dan Facial ID. Ketiga layanan ini diharapkan bisa mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan Permata Bank.


(SAW)