BCA Tidak Terburu-Buru Akuisisi Bank Kecil

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Mar 2018 07:32 WIB
bca
BCA Tidak Terburu-Buru Akuisisi Bank Kecil
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA mengaku tak mau terburu-buru dalam merealisasikan rencana untuk mengakusisi bank kecil. Apabila sesuai rencana sebelumnya, BCA akan menyelesaikan proses akuisisi terhadap dua bank kecil pada kuartal II-2018.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja tak mau banyak berkomentar sebelum rencana akuisisi benar-benar terealisasi. Menurut dia, BCA harus berhati-hati sebelum mengambil alih bank sebagai bagian dari aksi korporasi perseroan.

"Ibarat mau ngelamar orang enggak bisa cepat-cepat. Bibit, bebet, bobot, harus dilihat. Diusahakan tahun ini benar-benar jadi kenyataan," kata dia, di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Maret 2018.

Dirinya menambahkan langkah akuisisi bank kecil akan direalisasikan tahun ini dari rencana empat tahun lalu. Apalagi saat ini rasio kredit bermasalah (NPL) perbankan terus menunjukkan perbaikan sehingga BCA melihat kondisi sudah lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.

"Itu saya sudah sepakat tidak ada komentar sampai nanti ada official (akuisisi bank kecil). Dua bulan lagi, nanti tanya pas April saja tapi mudah-mudahan tahun ini. Dari sisi kondisi NPL bank juga sekarang sudah mulai menunjukkan perbaikan. NPL bank-bank sekarang sudah flat," jelas dia.

Lebih lanjut, Jahja mengungkapkan, alasan BCA memilih bank kecil untuk diakuisisi adalah guna menghindari fluktuasi di pasar modal. Menurutnya, pihaknya mengincar bank di atas kelompok BUKU II maka dikhawatirkan akan membuat kondisi pasar modal geger sehingga berdampak pada kondisi pasar keuangan nasional.

"Itu saya sudah sepakat. Karena kalau kita incar yang besar nanti pasar modal bisa geger, tidak ada komentar pokoknya. Intinya, kalo ibarat orang nikah itu sudah kebelet, karena sudah empat tahun ditahan. Waktu itu agak lama menahan biar betul-betul prosesnya kelihatan semua," pungkasnya.

Untuk diketahui, BCA telah menganggarkan Rp4,5 triliun untuk merealisasikan akuisisi dua bank kecil yang berasal dari uang kas internal perusahaan. Terlebih, saat ini rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) BCA tercatat sebesar 23,1 persen.


(ABD)