Kepala Badan Ketahanan Pangan Cek Gudang Pangan

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 14 Nov 2017 18:42 WIB
berita kementanpenghayat kepercayaan
Kepala Badan Ketahanan Pangan Cek Gudang Pangan
Agung Hendriadi menyambangi gudang cadangan pangan milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Baji Gau. Foto: Metrotvnews.com/Gervin N. Purba

Makassar: Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyambangi gudang cadangan pangan milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Baji Gau di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Gapoktan ini binaan Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM) Baji Gau.

"Yang kami lihat ini salah satu kegiatan Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan yaitu pengembangan lembaga distribusi pangan masyarakat, yang kita bina adalah Gapoktan," kata Agung di Desa Paraikate, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa 14 November 2017.

Agung menjelaskan, LUPM Baji Gau membina Gapoktan dalam proses penggilingan gabah kemudian didistribusikan ke sejumlah outlet yang terjangaku oleh konsumen seperti Toko Tani Indonesia (TTI).



LUPM Baji Gau mampu menyuplai 59 ton gabah kering giling (GKG) setiap bulan ke TTI. Selain ke TTI, LUPM Baji Gau juga menyuplai ke beberapa lapas kelas satu di Makassar, sekitar 50 ton sampai 70 ton per bulan.

TTI, lapas, dan Bulog membeli gabah Rp8 ribu per kg dari LDPM Baji Gau, sesuai ketentuan harga pembelian pemerintah (HPP). Dengan upaya ini, konsumen diharapkan bisa menikmati harga yang wajar dan petani diuntungkan.

"Tujuannya menghimpun produksi dari petani dan mengolahnya serta mendistribusikan secara langsung kepada konsumen. Kami mau memotong rantai pasok," jelas Agung.


(TRK)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA