Bank Muamalat Optimistis Pembiayaan Perusahaan Kelapa Sawit Membaik

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 21 Sep 2016 06:40 WIB
bank muamalat
Bank Muamalat Optimistis Pembiayaan Perusahaan Kelapa Sawit Membaik
Bank Muamalat. ANT/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Muamalat Indonesia mengaku optimistis jika bisnis di sektor usaha kelapa sawit masih berjalan bagus. Meski terdampak penurunan harga komoditas, namun prospek pembiayaannya masih mumpuni untuk menunjang pembiayaan sektor korporasi bagi bank syariah tersebut.

Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat Indra Y. Sugiarto mengatakan, permintaan untuk minyak kelapa sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) masih tinggi. Karenanya perusahaan memberikan pembiayaan line facility Al Murabahah sebesar Rp75 miliar kepada PT PPA Kapital (PPAK), melalui anak usahanya PT Duta Mentari Raya (DMR), yang bergerak di bidang pengelolaan kelapa sawit.

"Memang harga komoditas berfluktuasi tapi kalau CPO demand-nya ada masih sustain walaupun bergejolak. Jadi peningkatan harganya juga bagus," kata Indra usai penandatangan kerja sama dengan PT DMR di Gedung Sampoerna Strategic, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Sejauh ini, pembiayaan bagi kelapa sawit di Bank Muamalat masih rendah. Namun ke depannya, Bank Muamalat menargetkan jika porsi pembiayaan sektor usaha kelapa sawit dapat terus meningkat.

"Portofolio kelapa sawit masih di bawah lima persen, sekarang komposisi kredit (kelapa sawit) kita Rp60 triliun. Di akhir tahun ada beberapa pipeline juga yang mudah-mudahan bisa diselesaikan domestik," lanjut Indra.

Dirinya menambahkan, Bank Muamalat berencana untuk terus meningkatkan portofolio pembiayaan di kelapa sawit. Apalagi, rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Finance (NPF) di sektor tersebut masih rendah dibanding sektor korporasi lainnya.

"NPF kita di sawit untuk corporate masih nol persen. NPF corporate banking tiga persen. Target penyaluran kredit lima sampai tujuh persen, memang market juga lagi down. BI memprediksi tujuh hingga sembilan persen, kita sangat berhati-hati," jelas dia.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA