Pemerintah Bakal Pangkas Hambatan Investasi di Daerah

Husen Miftahudin    •    Kamis, 13 Oct 2016 20:04 WIB
investasi
Pemerintah Bakal Pangkas Hambatan Investasi di Daerah
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita . MTVN/Husen Miftahudin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya perizinan yang saling berbenturan satu dengan lainnya membuat investasi seringkali terhambat. Oleh karenanya, pemerintah bakal memangkas hambatan-hambatan tersebut guna melancarkan investasi yang masuk ke Tanah Air.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku, pemerintah pusat akan mengkaji kembali aturan dan regulasi yang dianggap menghambat investasi karena multitafsir. Sementara, daerah juga diimbau agar tidak mengeluarkan regulasi yang rumit.

"Maka kami akan mereview berbagai peraturan di pusat yang tidak multiinterpretatif. Bagi daerah, sekarang kita lakukan pendekatan dan imbauan," kata Enggar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2016).

Jika tak cukup, tambah dia, pemerintah akan mengambil sikap dengan memakai instrumen anggaran. Hal ini bertujuan agar pemerintah daerah tak mempersulit masuknya investasi.

"Pada saatnya pemerintah akan menggunakan instrumen anggaran untuk menekan daerah. Tapi pada saat ini kita melakuan imbauan pendekatan, karena hal ini tidak bisa instan," akunya.

Terkait investasi, dia menuturkan, pemerintah telah menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas pertama. Pariwisata menjadi prioritas lantaran investasinya masih minim. Untuk mendukung sektor pariwisata, harus pula didukung pengembangan insfrastruktur. 

"Sekarang ini, mengenai infrastruktur yang juga memberikan dampak industri pariwisata. Pariwisata tidak akan jalan peminatnya apabila infrastruktur tak siap," pungkas Enggar.



(SAW)