Percepat Dwelling Time di Belawan, Pelindo I Tingkatkan Kapasitas

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 12 Oct 2016 17:55 WIB
dwelling time
Percepat <i>Dwelling Time</i> di Belawan, Pelindo I Tingkatkan Kapasitas
Illustrasi (MI/Abdus).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I akan meningkatkan kapasitas bongkar muat di Pelabuhan Belawan untuk mempercepat waktu bongkar (dwelling time).

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan banyak upaya dilakukan oleh Pelindo I termasuk dari sisi bongkar muat. Pelindo I akan meningkatkan kapasitas bongkar muat menjadi 40 boks per jam di Pelabuhan Belawan.

"Dari sisi bongkar muat kita tingkatkan supaya mencapai minimal 40 box per sheet per hour," kata Bambang di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (12/11/2016).

Dengan begitu diharapkan waktu yang diperlukan untuk bongkar muat akan lebih dipersingkat menjadi 3,06 hari. Pelabuhan tersebut memakan waktu 3,08 hari untuk bongkar muat pada saat ini.

Sementara untuk kontainer, lanjut Bambang, akan menyiapkan kawasan penyangga (buffer zone) seluas satu hektare (ha) untuk menampung peti kemas dari zona I yang telah mengantongi surat persetujuan pengeluaran barang (SPPB).

"Untuk kontainer yang sudah dapat SPPB dan SP2 dan udah 1 x 24 jam kita pindahkan ke buffer zone. Kita sudah menerbitkan SP2 secara online, jadi pengguna jasa enggak perlu datang, bisa cetak sendiri karena pembayaran kan sudah host per host," jelas dia.

Bambang menambahkan untuk kontainer yang belum menyelesaikan dokumen, Pelindo menyatakan sudah mengkordinasikan dengan otoritas pelabuhan dan bea cukai untuk cepat di karantina.

"Ya itu, itu sudah dikordinasikan dengan Otoritas Pelabuhan dan Bea Cukai, di karantina supaya dipercepat, kalau dalam dashboard ini kita masih 1,14 hari untuk dari stek ke SPPB, saya sudah lapor ke pak menko biar didukung juga," pungkas dia.


(SAW)