Kantor Logistik Kotabaru Salurkan 155 Ton Beras

   •    Senin, 03 Apr 2017 12:01 WIB
stok berasbulograstra
Kantor Logistik Kotabaru Salurkan 155 Ton Beras
Ilustrasi (MI/PALCE AMALO)

Metrotvnews.com, Batulicin: Kantor Seksi Logistik Kotabaru menyalurkan sekitar 155 ton beras pra sejahtera (rastra) bagi Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) di 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kepala Kantor Logistik Kabupaten Kotabaru Supiansyah mengatakan, rastra merupakan pengganti nama dari beras miskin atau raskin. Rastra yang akan didistribusikan kepada masyarakat Tanah Bumbu dengan sasaran 10.339  rumah tangga yang terbagi dari 149 desa.

"Banyak Rastra yang akan diserahkan di setiap kecamatan jumlahnya berbeda-beda dan disesuaikan dengan jumlah data RTSPM di masing-masing kecamatan," kata Supiansyah, seperti dikutip dari Antara, di Batulicin, Senin 3 April 2017.

Distribusi pertama akan disalurkan di Kecamatan Kusan Hilir dengan jumlah 35 desa akan menerima sekitar 77 ton beras. Sedangkan untuk kecamatan yang lain tergantung permintaan dari pihak kecamatan masing-masing, yang pasti Kantor Logistik siap melayani penyaluran Rastra sesuai data RTSPM yang ada.

Ia menjelaskan, untuk melakukan pemerataan swasembada pangan maka Kantor Logistik Kotabaru sebelumnya juga melakukan kerja sama dengan petani berupa pembelian gabah kering giling dari petani di Tanah Bumbu.

"Kami sangat berharap bisa membeli gabah/beras hasil panen petani lokal karena target kami di 2016 mampu membeli/menyerap hasil panen petani lokal sekitar 1.500 ton, namun kenyataannya kami hanya mampu menyerap sekitar 135 ton," terangnya.

 


(ABD)