Kelebihan Kapasitas, AP I Siap Kembangkan Tiga Bandara Tahun Depan

Husen Miftahudin    •    Senin, 28 Nov 2016 14:15 WIB
bandara
Kelebihan Kapasitas, AP I Siap Kembangkan Tiga Bandara Tahun Depan
Ilustrasi Bandara. Ant/Irsyan Mulyadi.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) mengaku, tiga bandara yang masuk dalam pengelolaannya sudah melebihi kapasitas. 

Bahkan kelebihan kapasitas (over capacity) untuk masing-masing Bandara Achmad Yani Semarang, Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Adisutjipto Yogyakarta sebesar 300 persen.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi AP I, Novrihandri mengatakan, semestinya kapasitas kenyamanan di setiap bandara maksimal 75 persen. Lebih dari jumlah tersebut, seharusnya bandara itu sudah melakukan pengembangan dan pembangunan.

"Best practice bandara yang bagus itu ketika kapasitas mendekati 75 persen mereka sudah bangun lagi. Nah ketertinggalan ini akan kami kejar supaya bandara-bandara Indonesia lebih baik," ujar Novrihandri di Gedung BEI, Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

Untuk Yogyakarta akan dibangun bandara baru, yakni New Yogyakarta Kulon Progo yang dinilai tidak akan mematikan bandara lama (Bandara Adisutjipto). Bandara ini akan berkapasitas 15 juta penumpang. 

"Prediksi 15 juta itu bisa cepat bisa lambat. Target rampung 2019 sudah selesai," paparnya.

Pembangunan New Yogyakarta Kulon Progo ini sedang dalam pembebasan lahan. Perseroan sudah melakukan pembebasan lahan senilai Rp2,5 triliun dari total biaya sebesar Rp4,1 triliun. Sementara sisanya akan diselesaikan pada akhir November 2016 ini.

"Kemudian kita lagi bikin desain segala macam. Habis itu tahun depan Insya Allah mulai pekerjaan persiapan. Bandara ini tidak mematikan yang lama (Bandara Adisutjipto), mereka tetap kita hidupkan sebagai general aviation saja nanti," tegasnya.

Pembangunan Bandara New Yogyakarta Kulon Progo sejalan dengan rencana integrasi transportasi penyuplai seperti bus dan kereta api. Integrasi transportasi darat itu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

"Sementara untuk Semarang (Bandara Achmad Yani) sudah selesai apron (tempat parkir pesawat). Akses masuk sudah, tinggal bangun terminal. Mudah-mudahan 2017 akhir sudah kelar dan bisa dioperasikan," terang dia.

Pengembangan dan pembangunan tiga bandara yang kelebihan kapasitas tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan lima bandara yang dioperasikan AP I hingga 2020 dengan total anggaran sebanyak Rp25 triliun.



(SAW)