Bulog Bondowoso Sebut Stok Beras Aman hingga 2017

   •    Senin, 28 Nov 2016 10:42 WIB
stok berasbulog
Bulog Bondowoso Sebut Stok Beras Aman hingga 2017
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Metrotvnews.com, Bondowoso: Pejabat Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divre Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), menyatakan bahwa stok beras di wilayah ini aman hingga 11 bulan ke depan atau sampai November 2017. Untuk itu, masyarakat setempat sebaiknya tidak usah khawatir akan adanya isu kelangkaan.

"Berbicara stok beras di wilayah Bondowoso dan Situbondo sampai 11 bulan ke depan masih aman, dan sampai sekarang stok beras medium masih ada sekitar 30 ribu ton," kata Kepala Bulog Sub-Divisi Regional Bondowoso yang juga membawahi Situbondo Muhammad Zaenal, seperti dikutip dari Antara, di Bondowoso, Senin (28/11/2016).

Ia mengemukakan, stok beras aman karena ke depan dari angka 30 ribu ton tersebut akan terus bertambah seiring pada Februari hingga Maret 2017 memasuki puncak panen raya. Menurut dia, terhitung sejak November 2016 serapan gabah di Bondowoso dan Situbondo sudah mulai menurun, karena selain masa panen mulai berkurang juga memasuki masa tanam.

"Panen diperkirakan pada Februari dan Maret 2017, sedangkan harga beras medium sampai dengan saat ini masih bertahan sesuai harga eceran tertinggi yakni Rp7.300 per kilogram," tuturnya.

Zaenal menambahkan, untuk stok gula pasir sampai sekarang juga masih aman yakni sekitar 400 ton, dan sebelumnya stoknya mencapai 9.000 ton yang sebagian besar sudah dikirim ke sejumlah daerah di luar Pulau Jawa.

"Gula pasir sebagian besar sudah dikirim ke Aceh, Kalimatan, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan beberapa daerah lainnya," pungkasnya.

 


(ABD)