Libur Cuti Bersama, BI Tetap Buka Layanan Penukaran Uang

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 06 Jun 2018 20:06 WIB
Libur Cuti Bersama, BI Tetap Buka Layanan Penukaran Uang
Bank Indonesia. Dok: Antara.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengaku tetap akan membuka layanan penukaran uang pecahan kecil meski libur cuti bersama akan dimulai pekan depan. Saat ini penukaran uang di sejumlah titik seperti IRTI Monas telah berakhir sejak 5 Juni kemarin.

"Tanggal 5 ini kita berakhir penukaran di kantor bank, untuk yang mobile akan mulai arus mudik," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam konferensi pers di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 6 Juni 2018.

Selain di jalur mudik, BI bekerja sama dengan perbankan juga membuka layanan penukaran uang di pusat keramaian. Saat ini BI membuka penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat di area Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran.

Dirinya menambahkan, beberapa titik lokasi penukaran uang akan diumumkan di website dan akun sosial media milik bank sentral. Hal ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat yang masih membutuhkan penukaran uang pecahan kecil untuk lebaran.

"Nanti ada daftarnya bisa tukar uang di jalur mudik mana dan kilometer berapa. Kalau yang belum sempat tukar bisa tukar di sana. Kita selalu siap untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat, karena libur lebih panjang," jelas dia.

Adapun syarat penukaran uang yakni hanya perlu membawa identitas diri berupa KTP. Masyarakat yang akan menukar uangnya akan diberikan nomor antrean sebelum dilayani oleh petugas bank yang ada di lokasi.

Sementara itu, maksimal penukaran setiap orang adalah Rp3,7 juta dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000 masing-masing 100 lembar. Pembatasan ini dimaksudkan untuk mencegah uang ditukar kembali oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan.


 
(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA