Menteri Rini Dorong Direktur BUMN Transparan

Patricia Vicka    •    Jumat, 13 Apr 2018 12:26 WIB
bumnkementerian bumn
Menteri Rini Dorong Direktur BUMN Transparan
Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Yogyakarta: Menteri BUMN Rini Soemarno terus mendorong para direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengelola perusahaan secara transparan. Selain itu mereka diimbau untuk akuntabel serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia pun tidak segan-segan menerapkan aturan agar para direktur selalu terjun ke masyarakat dan bepergian menjalankan tugas dengan moda tranportasi kelas ekonomi.

"Saya pernah mengajak para direktur bank merasakan naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Tasikmalaya, ada direktur yang berusaha tidur, karena tidak terbiasa akhirnya jatuh," ungkap Rini, di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis, 12 April 2018.

Berangkat dari sana, Rini menargetkan hingga tahun 2019 tidak ada lagi BUMN yang merugi. Meski sulit, dirinya yakin target ini dapat tercapai.

Baca: Tahun Depan, Menteri Rini Targetkan tak Ada BUMN Merugi

Sejumlah langkah ia lakukan untuk mengurangi kerugian BUMN. Salah satunya adalah menyamakan visi dan pemikiran dengan para direksi BUMN.

"Tantangannya bagaimana menyatukan perusahan BUMN ini dalam satu pemikiran sebab selama ini jalan sendiri-sendiri," jelas Rini.

Hingga akhir 2017 setidaknya ada 13 BUMN yang masih merugi. Jumlah ini sudah berkurang dibandingkan tahun 2014 yang berjumlah 24 BUMN.

Keuntungan BUMN di 2017 naik 30 persen menjadi Rp183 triliun dari sebelumnya sekitar Rp148 triliun. Sementara pada akhir 2014, aset BUMN turut terkerek menjadi Rp4.500 triliun. Namun di akhir 2017 total aset mencapai Rp7.000 triliun.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA