Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2017, Peran Perbankan Makin Luas

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 20 Dec 2016 00:00 WIB
berita bca
Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2017, Peran Perbankan Makin Luas
Diskusi forum Kafe BCA serial keempat mengangkat tema Outlook Ekonomi 2017 (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) optimistis kiprah perbankan tahun ini akan memberikan dampak baik pada pertumbuhan ekonomi nasional pada 2017. Pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun depan diprediksi akan membaik.

Rasa optimistis tersebut tercermin dari Rapat Kerja Pengambilan Keputusan Asumsi Makro RAPBN 2017 antara pemerintah dan Komisi XI DPR yang menyepakati pertumbuhan ekonomi di posisi 5,1 persen.

Optimisme tersebut mengemuka dalam diskusi forum Kafe BCA serial keempat dengan tema "Outlook Ekonomi 2017" yang digelar pada Rabu, 14 Desember 2016. Hadir sebagai pembicara dalam forum BCA tersebut, Direktur Grup Risiko Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Doddy Ariefianto dan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira.

Diskusi dibuka oleh Corporate Secretary BCA Jan Hendra. Pada kesempatan itu, Jan mengatakan, peran penting perbankan pada era mendatang makin luas seiring dengan gencarnya implementasi literasi dan inklusi‎ keuangan yang mendorong masyarakat untuk memperoleh layanan perbankan.

"Bersamaan dengan target pertumbuhan ekonomi tersebut, perbankan juga semakin meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan demi melayani berbagai kebutuhan masyarakat," ujar Jan, dalam sambutannya di Menara BCA, Jakarta Pusat.

Jan menyebutkan, perseroan menyadari pentingnya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara meningkatkan berbagai layanan dan solusi perbankan agar kebutuhan masyarakat yang makin spesifik dan beragam terkait transaksi keuangan, dapat terpenuhi. Semakin masyarakat mempercayai perbankan, semakin positif dampaknya untuk ekonomi nasional.

Lanjut Jan,‎ tantangan terhadap ekonomi nasional terutama dalam kaitannya dengan perlambatan ekonomi dunia memang masih ada pada 2017. Namun, beberapa sektor di dalam negeri diprediksi bakal tetap bertumbuh. Sektor-sektor itu terutama bertumpu pada belanja rumah tangga, manufaktur, infrastruktur, pariwisata, dan industri kreatif, serta perdagangan berbasis online.

"Kami siap memperkuat fundamental ekonomi dalam negeri melalui peran perbankan. Kami menyadari pentingnya berbagi optimisme dalam memberikan sentimen positif bagi pertumbuhan ekonomi di 2017. Kami harap masyarakat ikut memberikan sumbangsih bagi ekonomi orang banyak," ujar Jan.

Kafe BCA merupakan forum berbagi insight dan pemahaman akan pelaksanaan service excellence di BCA dan perkembangannya di industri jasa lain. BCA mengadakan program Semua Beres Campaign, yang salah satunya kegiatannya melalui penyelenggaraan forum Kafe BCA. Sudah tiga kali Kafe BCA diselenggarakan dengan membahas berbagai tema aktual dalam rangka memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

"Melalui forum ini, kami menyadari pentignya berbagi optimisme dalam memberikan sentimen positif bagi pertumbuhan ekonomi tahun depan. Kami berharap masyarakat ikut memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi banyak orang," kata Jan.


(ROS)