Persaingan Industri Keuangan Makin Ketat, OJK Minta Perbaikan SDM

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:25 WIB
industri keuangan
Persaingan Industri Keuangan Makin Ketat, OJK Minta Perbaikan SDM
Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam industri keuangan perlu ditingkatkan. Hal ini karena adanya persaingan yang semakin ketat di industri keuangan, khususnya di sektor perbankan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, diperlukan revitalisasi proses untuk mengembangkan SDM di Indonesia. Apalagi, kata dia, banyak orang yang menilai jika kualitas SDM di industri perbankan masih kurang.

"SDM penting tapi masalah SDM tidak bisa seolah terisolasi dengan masalah lain, karena SDM itu people integrated dengan teknologi, proses bisnis, dan kultur," kata Muliaman di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Dirinya menambahkan, saat ini perkembangan industri perbankan tak lepas dari kemajuan teknologi. Untuk itu, SDM yang disiapkan juga harus merespon ini sebagai suatu kewajiban menguasai teknologi.

"Perkembangan teknologi ini jadi salah satu driver yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan. Juga tuntutan untuk bisnis proses," jelas dia.

Selain itu, pengembangan SDM juga bisa mencegah risiko yang ada di perbankan. Sebab apabila SDM yang dimiliki suatu bank baik, maka pengelolaan masalah serta risiko yang ada juga bisa terkendali.

"Itu lah pentingnya SDM. Kalau lihat statistik, bank-bank bermasalah itu karena SDM baik (di tingkat) atas atau bawah. Kalau SDM baik tentu akan memenangkan kita di dalam banyak persaingan," pungkasnya.


(AHL)