Banggar DPR Setujui Subsidi Pangan Rp19,8 Triliun

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 12 Oct 2016 18:49 WIB
berita dpr
Banggar DPR Setujui Subsidi Pangan Rp19,8 Triliun
Petugas melayani warga yang membeli bahan pangan di Rumah Pangan Kita di Palu, Sulawesi Tengah. Foto: ANT/ Basri Marzuki

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) DPR menyetujui subsidi pangan yang diajukan pemerintah sebesar Rp19,8 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017.

Subsidi pangan tersebut digunakan untuk meningkatkan akurasi sasaran rumah dengan didukung akuntabilitas pengolahan dan alokasi anggaran dengan parameter RTS 14,3 juta dan harga jual Rp1.600 per kilogram (kg).

"Kalau ada yang ingin membahas mekanismenya bagaimana nanti dibahas di komisinya masing-masing. Bagaimana, setuju ya?" ujar pemimpin rapat Ketua Banggar DPR Kahar Muzakir, yang disambut kata setuju oleh semua anggota, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

Selain itu, Banggar juga menyetujui anggaran untuk perbaikan layanan umum/PSO bidang transportasi dan penyediaan informasi publik sebesar Rp4,8 triliun. Dari total subsidi tersebut akan dibagi ke dalam sektor alat transportasi, seperti angkutan penumpang kereta api, angkutan kapal laut kelas ekonomi, dan penyediaan informasi publik.

Banggar DPR juga menyetujui subsidi untuk perbaikan layanan alat penumpang kereta api kepada PT KAI sebesar Rp2,1 triliun. Hal itu ditujukan untuk perbaikan layanan umum penugasan layanan jasa angkutan KA Ekonomi jarak jauh, KA Ekonomi jarak sedang, jarak dekat, KRD Ekonomi, KRL Ekonomi, KA Ekonomi angkutan Lebaran, serta KRL Commuterline Jabodetabek.

Kemudian, Banggar DPR juga menyetujui subsidi sebesar Rp2,1 triliun untuk perbaikan layanan jasa angkutan kapal laut kepada PT Pelni. "Untuk penugasan layanan penumpang kapal laut kelas ekonomi dan angkutan ke daerah-daerah terpencil," jelas Kahar.

Tidak hanya itu, Banggar DPR juga menyetujui subsidi sebesar Rp0,17 triliun bagi Perum LKBN Antara. "Untuk penguasan layanan informasi publik bagi masyarakat di daerah terpencil, tertinggal, rawan konflik, berupa teks foto, TV feature, TV hardnews, infografis, dan photostory.


(ROS)

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

1 day Ago

Suara sumbang kemenangan Donald Trump dalam Pilpes AS kembali terjadi. Ratusan warga kulit hita…

BERITA LAINNYA