Menperin Minta Daihatsu Jepang Tingkatkan SDM dan Litbang di Indonesia

Husen Miftahudin    •    Sabtu, 15 Oct 2016 17:49 WIB
kementerian perindustrian
Menperin Minta Daihatsu Jepang Tingkatkan SDM dan Litbang di Indonesia
Menperin Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan peserta Program Intra Company Transferee (ICT) dari Indonesia. (FOTO: Dokumentasi Kemenperin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meminta kepada perusahaan otomotif asal Jepang, Daihatsu Motor Co., Ltd. untuk memperbanyak peserta program Intra Company Transferee (ICT) dari Indonesia. Hal ini untuk mempercepat proses alih teknologi ke Indonesia agar menjadi negara yang terdepan dalam pembangunan industri kendaraan terutama di ASEAN.

"Kami memberikan apresiasi Daihatsu Motor Co., Ltd. atas program pelatihan ini karena akan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kemampuan karyawan kita yang andal di bidang teknologi otomotif terkini," tegas Airlangga dalam kunjungannya ke Jepang seperti keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Program ICT diharapkan juga dapat mendorong percepatan transformasi pendidikan vokasi di Tanah Air. "Hal itu bisa dilaksanakan melalui kolaborasi dengan sekolah menengah kejuruan dan politeknik di Indonesia," lanjutnya.

Poin lain yang disampaikan Airlangga, yakni Daihatsu diminta untuk terus mengembangkan fasilitas penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) Daihatsu di Indonesia seperti yang ada di Jepang. "Kegiatan R&D Daihatsu di Indonesia selama ini dimanfaatkan untuk kepentingan dalam negeri maupun ASEAN," jelas dia.

Sementara itu, Presiden Direktur Daihatsu Motor Co., Ltd. Masanori Mitsui mengatakan, peta jalan R&D Center Daihatsu adalah mampu mendorong pengembangan upper body oleh mitra lokal di Indonesia pada 2020. Sedangkan untuk program ICT, menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh karyawan Daihatsu Indonesia dengan tujuan untuk memperkuat kapasitas SDM dan transfer teknologi.

"Karyawan yang mengikuti program ini diberi tanggung jawab untuk melaksanakan sebuah proyek mobil baru," tutur Mitsui.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Indonesia Sudirman MR menyampaikan, R&D Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dibangun senilai Rp798 juta di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat dengan luas lahan 25 hektar telah menyerap tenaga kerja mencapai 184 orang.

"Selama 2012-2019, kami akan memfokuskan peningkatan kemampuan R&D dan akan menjadi basis R&D untuk produk Daihatsu Group pada 2020," tutup Sudirman.


(AHL)