Buwas Jamin Tak Ada Lagi Perbedaan Data Pangan

Desi Angriani    •    Kamis, 10 Jan 2019 19:05 WIB
bulogoperasi pasar beras
Buwas Jamin Tak Ada Lagi Perbedaan Data Pangan
Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso. Medcom/Eko.

Jakarta: Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso menjamin tidak ada perbedaan data pangan tahun ini. Hal tersebut dikarenakan pemerintah akan merujuk pada penggunaan data Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Insyaallah enggak ada (perbedaan data pangan), karena BPS sudah ya, terus kita sinkronisasi data itu semua menginduk kepada BPS," ujar Buwas, sapaannya, saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Dengan merujuk pada satu data maka kegaduhan terkait kerancuan data antarlembaga/kementerian tidak akan terulang kembali. Nantinya hal ini juga akan berpengaruh pada pengambilan kebijakan impor pangan di masa mendatang. 

"Jadi enggak ada gaduh lagi nanti. Kita prediksi dalam satu tahun itu umpamanya satu juta ton seandainya, terus bulan apa saja yang kita tidak tercukupi dari produksi pertanian itu baru kita nanti impor," tutur dia.

Di samping itu, pemerintah juga akan mencermati dan mengkaji lebih jauh mengenai ketersediaan stok, jumlah produksi hingga pendistribusian. Dengan begitu, kata Buwas, diharapkan dapat menekan jumlah impor setiap tahunnya.

"Ini nanti kita akan kaji sehingga next ke depan tidak ada lagi kesalahan seperti itu ya," pungkas dia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya memastikan pemerintah akan menggunakan data BPS terkait dengan komoditas beras. Sesuai dengan undang-undang, ia memerintahkan agar seluruh lembaga terkait hanya menggunakan data komoditas pangan utama yang dikeluarkan BPS sebagai lembaga statistik independen, bukan dari kementerian terkait.

"Data beras sudah disampaikan BPS. Semua akan pakai data itu. Semua kementerian," ujar Presiden.



(SAW)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

2 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA