Komisi IV Janji Tindak Lanjuti Keluhan Petani

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 25 May 2016 22:08 WIB
dpr ads
Komisi IV Janji Tindak Lanjuti Keluhan Petani
Petani mengeluhkan berbagai macam kendala terkait produksi dan keuntungan (Foto:Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi IV DPR akan menindaklanjuti berbagai aspirasi petani. Dalam rapat dengar pendapat (RDP), para petani masih mengalami berbagai macam kendala terkait produksi dan keuntungan.

"Kami mendapat masukan dari seluruh stakeholder pelaku petani, peternakan, perkebunan. Ini seperti curhat (curahatn hati). Artinya, apa yang menjadi representasi Kementan, disampaikan dalam rapat ini nyatanya masih jauh dari realitas," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron, usai mengadakan RDP dengan Forum Tani Indonesia (Fortani) di Komplek Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Para petani mengeluhkan perluasan lahan, budidaya, pascapanen, dan sebagainya. Ke depannya, Komisi IV bersama Kementan akan duduk bersama guna membahas mengenai struktur pertanian dan memberikan yang terbaik bagi petani.

"Kita akan sedikit menarik mundur dengan Kementan bagaimana menata kembali supaya kita tidak terlalu melahirkan atau mengumumkan sesuatu yang terlalu optimistis, tetapi justru di bawahnya pesimistis begitu," kata dia.

Nantinya, Komisi IV DPR bersama Kementan akan mencari titik tengah yang tepat, supaya solusinya bisa menguntungkan petani dan Kementan.

"Gimana cara kita mencari titik tengah yang tepat sehingga aspirasi dari petani bisa diakomodir. Sementara, dari sisi tujuan Kementan juga bisa tercapai," ucap Herman.


(ROS)