Lima Cara Atur Keuangan yang Tepat bagi Pelajar

   •    Sabtu, 13 Jan 2018 17:33 WIB
tips keuangan
Lima Cara Atur Keuangan yang Tepat bagi Pelajar
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

MENGATUR keuangan terkadang belum bisa dilakukan oleh banyak orang. Terlebih lagi saat ini gaya hidup yang semakin meningkat, membuat sebagian orang belum bisa mengelola keuangannya dengan baik. Terutama kaum pelajar atau mahasiswa.

Biasanya para pelajar atau mahasiswa memiliki uang yang terbatas. Karena kebanyakan uang bulanan yang didapat bersumber dari orangtua. Bagi pelajar yang ingin mendapatkan uang tambahan, menabung dan bekerja paruh waktu adalah cara efektif agar bisa memiliki penghasilan sendiri saat masih berstatus pelajar. Berikut tips mengatur keuangan untuk pelajar.

1. Hindari Kartu Kredit.
Menggunakan kartu kredit sama saja dengan membuat beban utang apabila Anda tidak dapat menggunakannya secara tepat. Jika terbiasa menggunakannya, tinggalkan kebiasaan tersebut sekarang. Beralihlah membayar dengan uang tunai. Hal ini sangat efektif untuk membantu membatasi pengeluaran bulanan.

2. Berhemat.
Berhemat perlu dilakukan dengan cara mengurangi jajan di luar, misalnya akan lebih baik jika bisa masak sendiri atau untuk yang kos dan tidak sempat memasak, pilihan katering bulanan juga merupakan ide bagus, tentu saja dengan tetap membandingkan harga sebelumnya.

3. Catat Setiap Pengeluaran Uang.
Mungkin orang-orang akan malas untuk melakukan hal ini, tetapi dengan teratur menulis setiap pengeluaran yang telah dikeluarkan, akan membantu Anda untuk mengetahui pengeluaran yang Anda keluarkan dan bisa lebih mengontrol keuangan Anda.

4. Selalu Bandingkan Tarif.
Baik itu untuk uang kos bagi yang berada di luar kota, paket data telepon, atau ongkos transportasi. Biasakanlah untuk selalu cek harga sebelum menggunakan hal-hal di atas.
Biasanya beda tempat harga yang ditawarkan juga berbeda. Siapa tahu kamu dapat harga lebih murah sehingga lebih hemat untuk pengeluaran bulanan.

5. Menabung.
Biasakan menabung, pastinya ini diketahui sangat berguna jika butuh dana di saat darurat. Sisihkan sebagian uang saku yang diberikan orangtua ke dalam tabungan. Berikut adalah tips-tips bagaimana caranya mengatur keuangan bagi para pelajar. Semoga bermanfaat.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.


(AHL)